Man From Mars, Woman From mBantul

katamujarab

Gara-gara membaca artikel ditemukannya unsur air di mars. Saya jadi keinget tulisan Dr.john Gray (aduuh..dah lama banget). gak nyambung sih… antara unsur air di mars ama tulisan John Gray.. hehehe 🙂

Tapi saya inget, betapa Mars-nya seorang laki-laki itu. Warnanya yang memerah khas laki-laki, itulah sebabnya bangsa Romawi menyebutnya sebagai Mars, dan bangsa Yunani menyebutnya Ares yang berarti Dewa Perang. Macho banget kan ?

Sedang Venus dikenal sebagai dewi cinta atau kecantikan bagi orang Romawi. Venus adalah objek langit yang paling terang cemerlang setelah matahari dan bulan. Pesonanya itulah yang membuat Venus mendapat julukan Bintang Kejora atau Bintang Timur, selain karena dia lebih sering terlihat pada saat fajar atau petang hari. Satu gambaran yang sesuai dengan sosok perempuan. Cantik, anggun dan mempesona. Karena berasal dari planet yang berbeda inilah, maka laki-laki dan perempuan tak akan bisa disamakan.

Dan.. gak usah jauh-jauh, sayapun seringkali ‘kesulitan’ memahami perempuan yang telah mendampingi saya… ya istri saya seringkali menjadi makhluk yang sulit saya pahami kemauan dan maksud hatinya… bahkan untuk hal-hal yang remeh dan sepele, kita sering kali berbeda pandang. dan itu seringkali membuat kesal.. 🙂 tapi saya selalu ingat: Seringkali kita merasa tidak selaras dengan pasangan kita karena banyak hal yang tak sama. Padahal harmonis itu mulai terbangun ketika kita mulai menerima perbedaan. Maka sadarilah, betapa begitu banyak kebaikan yang telah Dia Anugerahkan padanya, yang telah mampu membuat kita terpesona. Ya.. terlalu banyak pesonanya yang memikatku.

Sehingga sebesar apapun kekesalan kita menghadapi pasangan, emosi yang kadang tak tertahankan, sedikit bisa mereda bila kita berpikir bahwa kita memang mencintai dia dengan segala kelebihan dan kekurangannya, bahwa Tuhan telah mempertemukan kita untuk mengarungi kehidupan, bahwa kita telah memutuskan menikah dan bersumpah atas nama Tuhan. Klise sih…. tapi aku percaya, tiap hal yang terjadi adalah pelajaran hidup yang Tuhan berikan, sehingga tiap kali kekesalan itu melanda hati. Aku segera berpikir: Pelajaran apalagi yang hendak Tuhan beri ??

Seringkali pula, hatiku berkata: ‘Belajarlah untuk memahami perbedaan dan belajarlah untuk berani menerima perbedaan dalam hidupmu! Pahamilah dan usahakanlah apa yang menjadi kebutuhan mendasar dari pasangan hidupmu!’

Setidaknya kita ada enam kebutuhan dasar:

  1. Wanita membutuhkan perhatian, dan pria membutuhkan kepercayaan.
  2. Wanita membutuhkan pengertian, dan pria membutuhkan penerimaan.
  3. Wanita membutuhkan rasa hormat, dan pria membutuhkan penghargaan.
  4. Wanita membutuhkan kesetiaan, dan pria membutuhkan kekaguman.
  5. Wanita membutuhkan penegasan, dan pria membutuhkan persetujuan.
  6. Wanita membutuhkan jaminan, dan pria membutuhkan dorongan

Nah…terdapat 6 (enam) kata mujarab pula untuk membangun hubungan sehat dengan pasangan. Sebuah hubungan ibarat hati, punya berbagai rasa yang tak menentu datangnya. Kadang marah, bahagia, sedih. kecewa, bangga, dan puluhan rasa lainya. Betapa pentingnya komunikasi untuk mengungkapkan perasaan, komunikasi merupakan hal penting dalam menjaga keawetan hubungan. Untuk itu, ada beberapa kata pendek yang tidak membutuhkan waktu lama untuk mengatakannya, namun meninggalkan kesan mendalam dan memperbaiki hubungan pasangan.

1.I Love You

Memang terdengar klise, namun tahukah Anda bahwa jika Anda menyisihkan sekian detik dalam satu hari untuk mengatakan I love you pada pasangan, sama saja dengan Anda memperdalam rasa cinta padanya.

2.Maaf

Satu kata “maaf” setiap kali Anda berbuat salah akan membuatnya mudah melupakan kesalahan Anda.

3.Saya mengerti

Katakan itu setiap kali pasangan meminta maaf ataupun setiap kali dia menjelaskan alasan tidak bisa memenuhi keinginan Anda. Dua kata “saya mengerti” sudah dapat membuat pasangan menganggap Anda sebagai pasangan yang pengertian. Hal tersebut akan selalu diingatnya saat Anda berdua bertengkar, “Belum tentu saya akan mendapat pasangan sepengertian dia.”

4.Kau sangat cantik/tampan

Sedikit waktu untuk memberinya pujian ketika bangun tidur tentu tidak akan membuat Anda terlambat kerja, bukan? Katakan, “Kamu sangat cantik” atau “Kamu sangat tampan” saat pasangan Anda baru membuka matanya. Ia tentu akan bersemangat menjalani hari karena sejak matanya terbuka Anda sudah memberinya kepercayaan diri.

5.Saya sangat membutuhkanmu

Sudah menjadi hal lumrah jika di antara pasangan suami istri mengalami pertengkaran. Jadilah pihak yang mengalah, karena jika tidak ada yang mau mengalah, sulit bagi Anda untuk memperbaiki hubungan. Katakan dengan tulus betapa Anda sangat membutuhkannya. Niscaya kemarahannya mereda. Selanjutnya, Anda dapat berbicara perlahan untuk menjelaskan permasalahan yang tengah terjadi di antara kalian.

6.Terima kasih

Terdengar sepele, tapi dengan Anda mengatakan “Terima kasih” atas semua hal yang telah diberikan dan dilakukannya, dia akan merasa sangat dihargai. Seperti hukum timbal balik.

Bila bicara tentang perbedaan, tentu takkan pernah ada habisnya, karena memang tak ada satupun diantara kita yang sama. Maka kerahkan segala kebaikan agar kita mampu menuju kebersamaan meski dengan cara yang beragam. Tujuan kita sama:Keluarga SAMARA, harapan kita sama: Ridho Allah.

Kebahagiaan bukanlah kemampuan kita untuk menerima setiap kelebihan (baca: keunggulan) pasangan kita, tapi kemampuan untuk menerima setiap kekurangan yang ada. Pasangan ibarat pakaian yang menutut aurat kekurangan kita, yang melindungi dari sengatan cercaan dan memberikan kehangatan dari dinginnya cibiran. Saling menerima dan melengkapi adalah salah satu jalan menuju kesempurnaan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s