prokrastinasi dapat diartikan menangguhkan atau menunda sampai hari berikutnya.. https://budiwe.com/bagaimana-tetap-produktif-di-masa-pandemi/

Pandemi belum pasti kapan akan berakhir, apalagi penyebaran COVID-19 makin meluas dan semakin dekat dengan kita, banyak dari kita yang akan bekerja dari rumah atau WFH. Semakin lama kita melakukannya, semakin besar kemungkinan kita menjadi bosan atau tidak termotivasi bahkan sering terjadi kita melakukan PROKRASTINASI. Bagaimana kita memastikan bahwa kita akan tetap terus berkontribusi dengan baik selama pandemic ? Bagaimana tetap produktif di saat pandemi ?

Berikut adalah tip untuk tetap positif dan mengatasi beberapa tantangan yang biasanya datang saat bekerja dari rumah.

LIHAT KEUNTUNGAN WFH

Penting untuk melihat hal-hal positif dan mengingatkan diri kita sendiri bahwa ada banyak keuntungan bekerja dari rumah. Keuntungan bekerja secara WFH misalnya anda menjadi punya banyak waktu untuk menekuni hobi anda. Hobi yang masih bisa dilakukan saat WFH misalnya bermain music, memasak atau berkebun. Anda tidak banyak kehilangan waktu untuk bermacet macet saat dijalan.

.Bekerja dari jarak jauh juga biasanya berarti memiliki jam kerja yang lebih fleksibel, yang dapat membantu karyawan mengelola beban kerja mereka

KENALI TANTANGAN SAAT WFH

Meskipun teknologi yang kita miliki memungkinkan kita untuk tetap terhubung secara virtual, kenyataannya tidak sama dengan berinteraksi secara langsung. Tidak semua orang suka obrolan video, yang berarti Anda tidak selalu dapat melihat orang yang Anda ajak bicara. Anda juga tidak dapat sepenuhnya dapat mengukur reaksi orang dan membaca bahasa tubuh mereka melalui teks atau panggilan audio.

Selain itu, akan lebih sulit untuk berkolaborasi dalam pengaturan kerja jarak jauh. Semua faktor ini dapat menyebabkan gangguan dalam komunikasi, dan bahkan perasaan terisolasi dan demotivasi di antara anggota tim.

PASTIKAN SEMUA TEAM TETAP BEKERJA SAAT WFH

Terlepas dari tantangannya, ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk memaksimalkan bekerja dari jarak jauh.

Misalnya, menyiapkan pertemuan minum kopi virtual atau makan siang virtual. Minum Kopi dan makan siang virtual ini adalah cara yang bagus untuk memeriksa sesama anggota team dan memastikan semua orang merasa mendapatkanidukungan dan selalu terhubung. 

Tim juga dapat menggunakan tools/aplikasi untuk memperbarui status harian, dan semua anggota team dapat mengaksesnya, sehingga semua dapat memantau pekerjaan yang terkait dengan pekerjaannya.  Manajer atau pemimpin tim kemudian dapat menggunakan tools/aplikasi ini untuk melacak produktivitas semua orang, sementara anggota tim dapat menggunakannya untuk tetap mengetahui apa yang terjadi pada pekerjaan mereka. Banyak perusahaan menggunakan aplikasi/tools untuk membantu memastikan semua team bekerja, mereka biasanya menggunakan aplikasi: seperti Microsoft Teams, Trello dan sebagainya. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk tetap terhubung sepanjang hari.

Memang tak mudah untuk tetap termotivasi dan produktif saat ini. Tetapi dengan berfokus pada hal-hal positif dan terus bekerja untuk mengatasi tantangan, kita dapat membuat situasi terbaik bersama-sama.

By budiwe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *