Tips Kembali ke Kantor Pasca Pandemi

10 Tips untuk Kembali ke Kantor Pasca Pandemi

Pandemi telah mengubah cara kita bekerja dan hidup. Banyak orang yang tidak pernah bekerja dari rumah (WFH) mendapati diri mereka belajar beradaptasi dengan “kenormalan baru” dengan tidak berada di kantor. Itu membutuhkan penyesuaian yang luar biasa. Saat ini, banyak perusahaan yang mengharuskan karyawan untuk kembali ke kantor mereka secara paruh waktu atau penuh waktu. Hal ini dapat menciptakan stres dan kecemasan pada pekerja.  Karyawan mungkin mengalami stres dan kecemasan untuk kembali ke kantor setelah terbiasa bekerja dari rumah. Untuk itu perlu tips kembali ke kantor pasca pandemi, agar karyawan tidak stres dan mengalami kecemasan.

Sebuah studi baru -baru ini melihat dampak bekerja dari rumah selama pandemi. Menyebutkan bahwa, kembali bekerja akan membutuhkan penyesuaian. Saat berada di kantor, Anda tidak perlu lagi khawatir dan meminta maaf tentang kebisingan latar belakang dari hewan peliharaan Anda , anak-anak, atau tetangga Anda yang sedang memotong keramik. Namun, mungkin perlu waktu untuk membiasakan diri dengan gangguan dan kebisingan dari rekan kerja, kembali ke perjalanan, macet, lebih sedikit waktu dengan orang yang Anda cintai, dan perbedaan lain antara WFH dan bekerja di kantor.

Untuk mengatasi perubahan, tetapkan beberapa batasan dengan diri sendiri dan orang lain. Sebuah penelitian menunjukkan bekerja di rumah selama pandemi mengaburkan garis antara pekerjaan dan waktu luang. Mungkin Anda melakukan pekerjaan rumah tangga atau menjalankan beberapa tugas sepanjang hari. Mungkin Anda secara teratur menanggapi email setelah jam kerja atau di akhir pekan karena kedekatan komputer kerja Anda dengan ruang tamu Anda. Sekarang saatnya untuk menetapkan batasan baru.

Strategi Untuk Kembali ke Kantor

Tip berikut untuk membuat Anda siap kembali ke tempat kerja dengan sukses.

  1. Ubah pola pikir Anda kembali ke rutinitas.

Tetapkan rutinitas pagi terstruktur yang sesuai untuk Anda dan mulailah hari Anda dengan langkah yang benar. Maksudanya benar disini adalah rencanakan detail kegiatan anda. Misalnya:, rencanakan pakaian Anda, sarapan bergizi, dan atur peralatan kerja/bekal kerja malam sebelumnya. Selain itu, luangkan waktu untuk diri sendiri di pagi hari untuk sekadar “me time” dan ngobrol dengan diri sendiri. Luangkan waktu sekitar 5-10 menit. Anda bisa melakukannya sambil Yoga, meditasi atau sekadar peregangan otot.

2. Berpikir positif 

Dengan pemikiran positif dan perilaku baru yang berulang, kita melatih otak kita untuk menciptakan jalur saraf baru. Saat jalur menjadi lebih kuat, berpikir positif bisa menjadi sebuah kenormalan baru.  Mulailah  dengan afirmasi positif dan mantra seperti, “Saya percaya semua akan baik-baik saja,” “Kita semua akan menyesuaikan diri dan baik-baik saja,” atau “Saya menyambut perubahan dan pertumbuhan.” Tahan keinginan untuk mengeluh, karena sering kali hanya akan menjatuhkan Anda dan orang lain yang bersama Anda.

3. Latih Rasa Syukur dan Penerimaan

Syukur adalah pilihan dan dapat membantu membingkai ulang situasi negatif secara positif, jadi fokuslah pada hal positif. Lepaskan apa yang tidak dapat Anda kendalikan (misalnya: kebijakan atasan Anda), dan kendalikan apa yang Anda bisa lakukan  (misalnya; sikap, persiapan, dan pilihan Anda untuk mengakses dukungan dari orang lain melalui proses). Penerimaan terhadap ketentuan untuk kembali ke kantor pasca Pandemi dapat mengurangi stres.

4. Kelola tidur Anda. 

Setel notifikasi satu jam sebelum waktu tidur optimal Anda. Gunakan 30 menit berikutnya untuk menyelesaikan apa yang Anda lakukan dan kemudian menyimpan perangkat Anda untuk malam itu. Patuhi rencana anda untuk tidur teratur

5. Integrasikan kembali waktu perjalanan  

Salah satu manfaat terbesar dari bekerja dari rumah adalah waktu perjalanan nol. Anda bisa mendapatkan waktu itu kembali dengan pergi bekerja dengan teman atau rekan kerja atau mendengarkan podcast, buku audio, atau musik selama perjalanan Anda menuju tempat kerja. Gunakan waktu ini untuk menyegarkan diri Anda dan pastikan hal ini dapat mengurangi stress Anda.

6. Makanlah Makanan Sehat

Minggu adalah hari yang baik untuk merencanakan makan sehat sepanjang minggu. Jika Anda tidak punya waktu, pertimbangkan makan seperti jasa catering yang mengantarkan makanan sehat ke depan pintu Anda

7. Kelola tanggungan Anda

Mungkin Anda bisa menghilangkan biaya penitipan anak atau biaya pengasuh hewan peliharaan karena Anda bekerja dari rumah. Bersyukurlah atas uang yang Anda simpan. Sekarang, luangkan waktu untuk meneliti opsi yang paling nyaman, dapat diandalkan, dan terjangkau untuk Anda.

8. Tak ada salahnya membawa perlengkapan perawatan diri sehari-hari di tempat kerja. Kemasi perlengkapan perawatan diri untuk bekerja termasuk camilan sehat, the/kopi, minyak esensial, sepatu kets untuk berjalan-jalan saat makan siang. Pertimbangkan hal lain yang akan membuat Anda nyaman atau menyegarkan Anda sepanjang hari.

9.Nol-kan Harapan!

Sebelum kembali bekerja, atur kembali segala harapan yang mungkin Anda miliki, lepaskan dengan penuh kesadaran, dan kembangkan sikap keterbukaan dan penerimaan. Ini akan membantu Anda menjadi lebih fleksibel, mudah beradaptasi, dan tangguh melalui proses perubahan dan transisi

10. Delegasikan tugas!

Mungkin Anda telah mengambil lebih banyak tanggung jawab saat bekerja di rumah. Sebelum Anda melompat kembali, buat daftar tugas dan tanyakan pada diri sendiri, “Apakah saya orang terbaik untuk melakukan ini? Apa hanya saya satu-satunya yang bisa melakukan ini? Apakah saya senang melakukan ini? Apakah ini sepadan dengan waktuku?” Mengalihdayakan tugas / delegasi tugas , jika memungkinkan. Identifikasi di mana Anda membutuhkan bantuan, termasuk dukungan emosional, dan lakukan itu. Tips Delegasi bisa kita pelajari di sini.

Perubahan itu sulit, terutama jika itu mengganggu rutinitas, jadi latihlah terus menerus, kembangkan sikap menyayangi diri sendiri, beri hak diri kita untuk “me time”. Mulailah menerapkan strategi di atas untuk kembali ke kantor pasca pandemi dan selamat kembali bekerja!