Istilah istilah dalam dunia kerja

Bagi yang sudah bekerja atau pernah magang, tentu tak asing dengan istilah istilah berikut ini. Namun bagi yang fresh graduate atau yang masih kuliah, ada beberapa istilah dalam dunia kerja yang mungkin terdengar masih asing.

Nah berikut ini adalah istilah dalam dunia kerja yang penting untuk kita ketahui. Istilah istilah ini biasanya muncul saat kita berkomunikasi tulis, misalnya chat di grup atau berbalas email.

  1. OT  (Over Time) alias Lembur

Istilah Over Time sudah sangat umum untuk menyebut Lembur.

2. KPI (Key Performance Indikator)

Yaitu suatu nilai/ukuran tertentu untuk melihat seberapa efektif perusahaan dalam mencapai tujuan bisnisnya serta langkah langkah apa saja yang perlu untuk menyikapi kondisi perusahaan. 

3. MOM (Minutes Of Meeting)

Merupakan uraian terperinci saat meeting yang menjadi catatan resmi hasil pertemuan/meeting.

4. SOP (Standard Operational Procedure)

Adalah kumpulan peraturan yang menjadi acuan oleh perusaaan untuk masing masing individu dalam perusahaan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam perusahaan.  

5. TBD (To Be Discussed)

Yaitu Topik pembicaraan yang sedang berlangsung belum selesai dan masihmemerlukan diskusi lanjutan   

6. TBC (To Be Confirmed)

Istilah untuk seuatu yang masih tentative dan perlu untuk konfirmasi ulang. Biasanya  terkait dengan kehadiran seseorang atau tanggal dan tempat.

7. ETA (Estimated Time Arrival)

Istilah ini biasanya muncul di bagian distribusi. ETA artinya perkiraan waktu tiba (contohnya: Pesawat, barang, dan sebagainya)

8. PO (Purchase Order)

Yaitu dokumen yang pembuatannya oleh pembeli untuk menunjukkan barang barang yang ingin mereka beli dari penjual.  

9. AKA  (Also Known As…)

Penggunaan istilah ini untuk menyebut nama lain (istilah lain). Arti dari singkatan ini adalah “juga di kenal sebagai…”  

10. AFAIR (as far as I remember)

Singkatan bahasa Inggis ini penggunaannya saat seseorang memberikan informasi hanya sebatas yang kita tahu dan ingat.   Istilah lainnya adalah AFAIK (As Far As I Know)

11. ASAP (As Soon As Posible)

Arti akronim ini adalah sesegera mungkin.

Singkatan ini sering muncul saat seseorang ingin sesuatu segera sampai. ASAP juga bisa untuk meminta melakukan sesuatu dengan segera. Biasanya untuk menjawab permintaan ASAP ini, menggunakan ASAIC (as soon as I Can).

12. PFA (Pelase Find Attached)

Artinya adalah “terdapat lampiran” biasanya kita tuliskan saat mengirim email, agar penerima email tahu bahwa kita mengirim lampiran juga.

13. TCD (Target Completion Date) 

Istilah untuk menunjukkan batas waktu dalam menyelesaikan deadline.

14. Turnover

Yaitu istilah untuk menunjukkan proses keluar masuk karyawan dari perusahaan karena alasan tertentu  

15. Career Break

Adalah istilah untuk periode di mana perusahaan tidak menggaji karyawan yang tidak bekerja karena alasan tertentu, misalnya: melanjutkan pendidikan, ada urusan keluarga dan sebagainya.    

16. Remote Working

Dalam bahasa Indonesia kita kenali dengan istilah Bekerja secara remote. Yaitu bekerja dari luar kantor. Istilah ini berbeda dengan Freelance.  Istilah Remote Working mengacu pada karyawan tetap perusahaan yang mengerjakan tugas dari luar kantor.

17. CTA (Call To Action)

Merupakan istilah dalam (digital) Marketing untuk menggambarkan harapan marketer terhadap customernya. Contoh CTA ini misalnya marketer menempatkan tombol “langsung Pesan” pada Landing Page / iklan. Nah tombol “Langsung Pesan” itulah yang kita sebut sebagai CTA.

18 OKR (Objective and Key Result)

Suatu susunan cara untuk tim dan individu dengan target tertentu dan cara yang terukur.  Untuk detail bisa baca ini Apa itu OKR ?

19. ICYMI (in case you missed it)

Istilah ini jika ada yang tertinggal informasi, namun istilah ini juga berarti bahwa sebuah topik sudah selesai pembahasan sebelumnya. 

20. CMIIW (correct me if I’m wrong)

Akronim ini sangat populer dan terkenal . Sesuai dengan pengertiannya, Akronim ini biasanya muncul saat seseorang ingin ada koreksi jika salah.

Itulah 20 istilah dalam dunia kerja yang sering kita gunakan dalam komunikasi. Ada yang lain ? Silakan tambahkan di komentar.

By budiwe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *