Sumber Kekecewaan Cara Menghentikan Overthinking

Overthinking saat ini mungkin sudah menjadi pembahasan yang melekat di antara kita. Ketika seseorang mengalami overthinking justru ia menghambat penyelesaian masalah dan bukan untuk mencari solusi jalan keluar. Sering kali kita tidak menyadari sedang mengalami overthinking. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui apa arti overthinking sehingga kita tahu cara menghentikan overthinking.

Apakah anda suka menyalahkan diri sendiri karena kesalahan yang anda buat kemarin atau merasa khawatir tentang bagaimana hari esok? Hati-hati bisa jadi anda Overthinking. Dua pola pikir yang sering datang (dan merusak) tersebut adalah : merenungkan dan mengkhawatirkan.

Merenungkan biasanya melibatkan masa lalu (yang telah terjadi) :

  • Saya seharusnya tidak berbicara dalam rapat hari ini. Semua orang menatapku seperti aku ini orang paling bodoh di dunia.
  • Orang tua saya selalu mengatakan saya tidak berguna dan hanya jadi beban keluarga. Dan mereka benar. Saya hanya beban.

Kekhawatiran biasanya melibatkan prediksi negative tentang masa depan:

  • Saya akan mempermalukan diri sendiri besok ketika presentasi. Tanganku akan gemetar, wajahku akan memerah, dan semua orang akan melihat bahwa aku tidak menguasai materi.
  • Pasangan saya akan menemukan seseorang yang lebih baik dari saya. Hubungan ini akan berakhir  dan aku akan sendirian.

Pengertian Overthinking

Jadi dari pengertian di atas, dapat kita simpulkan Overthinking adalah menggunakan terlalu banyak waktu untuk memikirkan suatu hal dengan cara yang merugikan. overthinking dapat berupa perenungan (terhadap masa lalu) dan khawatir (terhadap masa depan). Orang yang Overthinking tidak hanya menggunakan kata – kata untuk merenungkan kehidupan mereka. Terkadang, juga berupa gambar dan coretan coretan. 

Bahaya Overthinking

Overthinking bukan hanya mengganggu; itu bisa berdampak serius pada kesejahteraan dan kesehatan mental Anda.  Dan ketika kesehatan mental Anda menurun, kecenderungan Anda untuk merenung dan menjadi overthinking justru meningkat, ini akan mengarah ke lingkaran setan yang sulit diputus.

Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa terlalu banyak berpikir menyebabkan tekanan emosional yang serius. Untuk menghindari tekanan itu, banyak orang yang berpikir berlebihan menggunakan strategi koping yang tidak sehat, seperti alkohol atau makanan.

Jika Anda seorang overthinker, Anda mungkin sudah tahu bahwa Anda tidak bisa tidur ketika pikiran Anda tidak mau “berhenti”. Studi mengkonfirmasi hal ini, bahwa perenungan dan kekhawatiran menyebabkan lebih sedikit jam tidur dan kualitas tidur yang lebih buruk.

Cara Berhenti Overthinking

Menghentikan Ruminasi / perenungan (akan masa lalu)  dan kekhawatiran akan masa depan, hanya mudah dikatakan namun sulit kita lakukan. Namun, jangan kahwatir dengan latihan yang konsisten, kita dapat membatasi pola berpikir negatif ini :

1. Perhatikan Saat Anda Terlalu Banyak Berpikir

Kesadaran adalah langkah pertama dalam mengakhiri overthinking. Mulailah memperhatikan cara Anda berpikir. Ketika Anda melihat diri Anda mengulang peristiwa dalam pikiran Anda berulang-ulang, atau mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat Anda kendalikan, akui bahwa pikiran Anda tidak produktif.

2. Tetap Fokus Pada Pemecahan Masalah Aktif

Memikirkan masalah Anda tidak membantu, tetapi mencari solusi membantu. Tanyakan pada diri sendiri langkah apa yang dapat Anda ambil untuk belajar dari kesalahan atau menghindari masalah di masa depan. Jangan bertanya mengapa sesuatu terjadi, tanyakan pada diri sendiri apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

3. Jadwalkan Waktu Untuk “Overthinking”

Yang kita maksud “overthinking” dalam bahasan ini adalah pemikiran reflektif. Memikirkan masalah untuk jangka waktu yang lama tidak produktif, tetapi refleksi singkat dapat membantu.  Masukkan 20 menit “waktu berpikir” ke dalam jadwal harian Anda. Selama waktu ini, biarkan diri Anda khawatir, merenungkan, atau memikirkan apa pun yang Anda inginkan. Kemudian, ketika waktunya habis, pindah ke sesuatu yang lebih produktif. Ketika Anda melihat diri Anda terlalu memikirkan hal-hal di luar waktu yang dijadwalkan, ingatkan diri Anda bahwa Anda akan memikirkannya nanti.

4. Fokus Pada Hari Ini

Tidak mungkin untuk mengulang hari kemarin atau mengkhawatirkan hari esok ketika Anda hidup di masa sekarang. Berkomitmen untuk menjadi lebih sadar di sini dan sekarang. Perhatian penuh membutuhkan latihan, seperti keterampilan lainnya, tetapi seiring waktu, itu dapat mengurangi pemikiran berlebihan. Berlatihlah untuk fokus.

5. Alihkan Kegiatan

Mengatakan pada diri sendiri untuk berhenti memikirkan sesuatu bisa menjadi bumerang. Semakin Anda mencoba untuk menghindari pikiran memasuki otak Anda, semakin besar kemungkinan untuk terus bermunculan. Menyibukkan diri dengan suatu aktivitas adalah cara terbaik untuk mengubah pemikiran itu. Berolahraga, terlibat dalam diskusi tentang topik yang sama sekali berbeda atau mengerjakan kegiatan adalah cara menghentikan overthinking.

Itulah jawaban apa arti overthinking dan 5 (lima) cara dalam menghentikan overthinking. Selamat mempratekkan.

BACA JUGA: CARA CEPAT BUAT MOVE ON

By budiwe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!