kompetensi manager Motivasi Untuk Bekerja Tips sederhan unyuk meningkatkan produktivitas

Seringkali kita berhadapan dengan pertanyaan: adakah tips sederhana untuk meningkatkan produktivitas ? Untuk memahami cara meningkatkan produktivitas kita, kita harus mengidentifikasi faktor mana yang menghambat dan faktor mana yang mendorong produktivitas. Tiap orang memiliki faktor faktor mana yang mampu mendorong produktivitas dan mana faktor yang menghambt produktivitas. Namun setidaknya terdapat 5 Tips Sederhana untuk meningkatkan produktivitas. Tentu saja setiap orang berbeda, tetapi saya harap daftar ini mampu membantu anda meningkatkan produktivitas anda.

1. Terapkan Aturan Satu Menit

Seringkali karena hal-hal kecil semuanya menjadi terlalu lama untuk dikoreksi sehingga kita tidak punya waktu untuk melakukan hal-hal besar. James Clear seorang pengusaha dan penulis buku Atomic Habits, memiliki trik untuk menghilangkan kebiasaan ini. Dalam ATOMIC HABITS, James Clear mengungkap bahwa kebiasaan-kebiasaan kecil dapat membuat perubahan besar dalam hidup. Salah satu teknik/cara James Clear dalam menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan ini kita kenal dengan Aturan Dua Menit. Ini artinya, kita harus menetetapkan target kecil untuk kit selesaikan dulu. Jangan pernah menunda-nunda pekerjaan.

2. Buat To-Do List

Daftar tugas yang jelas merupakan cara yang bagus untuk memprioritaskan dan mengingat apa yang perlu kita capai. Namun, sering kali, daftar kita penuh dengan banyak hal sehingga kita mungkin melihatnya dan berkata, “Saya tidak punya waktu untuk semua ini!” Oleh karena itu kita harus membuat dua daftar, satu untuk tujuan keseluruhan, lalu tarik dari daftar itu untuk membuat daftar lain hanya untuk hari ini. Jadi ada target jangka panjang dan target hari ini. To do list hari ini tidak perlu panjang, cukup 3-4 aitem saja. Kemudian segera selesaikan hari itu.

3. Jadilah Akuntabel

Ketika kit membayar tagihan/cicilan kita akan selalu berusaha tepat waktu, itu karena ada konsekuensi jika terlambat. Sama halnya dengan tugas. Anda lebih mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan rumah Anda karena Anda menginginkan nilai yang bagus. Tetapi apa yang terjadi ketika tidak seorang pun kecuali Anda yang tahu tentang tugas yang ada? Anda memiliki lebih sedikit akuntabilitas dan sering kali itu artinya adalah Prokrastinasi.  Contoh kasus, tidak ada yang benar-benar menggedor pintu saya untuk posting artikel baru di blog ini, jadi saya tidak melakukannya sesering yang saya mau. Satu-satunya cara untuk mengatasi ini adalah dengan menetapkan “tanggal jatuh tempo” saya sendiri dan kemudian memberi tahu teman atau pasangan  kapan tanggal itu. Jika tujuannya benar-benar pribadi, dan Anda tidak nyaman memberi tahu seseorang, beri tahu komputer Anda Atau memasang alarm peringatan. Masukkan kalender Anda tanggal jatuh tempo yang telah Anda putuskan dan kemudian atur pengingat pop-up.

4. Siapkan Sistem Penghargaan Pribadi

Penghargaan Pribadi atau Self Reward, sebenarnya bertujuan untuk merayakan keberhasilan anda sendiri. Berhasil untuk apa ? Untuk menunda hal-hal yang menyenangkan sampai hal-hal yang “tidak terlalu menyenangkan selesai” (baca: tugas-tugas). Anda menjamin penyelesaian daftar Anda sambil menghadiahi diri Anda sendiri untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik. Menggunakan sistem penghargaan juga dapat membantu kita lebih fokus untuk menyelesaikan tugas. Saya sering berkata pada diri sendiri, “Menulis selama 1 jam dan setelah itu main twitter lima menit”. Saya berusaha menghadiahi diri saya dengan main twitter, dan itu membuat saya fokus menyelesaikan tugas.

5. Olahraga / Aktivitas Fisik

Mungkin sebagian dari kita berpikir: Olahraga akan buang buang waktu dan mengakibatkan tugas tugas tidak selesai tepat waktu. Tahukah anda bahwa penelitian telah menunjukkan bahwa dengan olahraga sedikitnya 30 menit sehari dapat meningkatkan mood, produktivitas, dan kemampuan kognisi kita? Olahraga meningkatkan aliran darah ke otak, dan oksigen ekstra itu akan meningkatkan kemampuan Anda dalam menyelesaikan tugas-tugas Anda.  Demikianlah 5 (Lima) Tips Sederhana untuk Meningkatkan Produktivitas Anda. Semoga bermanfaat dan berhasil meningkatkan produktivitas.

By budiwe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!