prokrastinasi dapat diartikan menangguhkan atau menunda sampai hari berikutnya.. https://budiwe.com/bagaimana-tetap-produktif-di-masa-pandemi/

Sebuah peribahasa kuno Tiongkok 千里之行,始於足下 (Qiānlǐ zhī xíng, shǐ yú zúxià) secara harfiah berarti perjalanan seribu mil dimulai dengan satu langkah. Tanpa kita sadari peribahasa ini memuat Tips Mengatasi Prokrastinasi atau kebiasaan menunda pekerjaan.

Ungkapan ini memberitahu kita betapa pentingnya langkah pertama dalam melakukan hal apapun. 

Namun terkadang, hal tersulit dari bekerja adalah MEMULAINYA. Apalagi di masa masa Bekerja dari rumah atau WFH ini. Yang sering luput dari perhatian saat #WFH adalah, seringkali kita jadi menunda nunda pekerjaan entah karena sedang asyik dengan keluarga atau merasa “punya banyak waktu” untuk bekerja. Nantilah mengerjakannya abis subuh, entar deh sekalian pas makan dan sebagainya. Inilah sebab kenapa banyak orang menunda pekerjaan atau kita kenal dengan istilah Prokrastinasi. Secara bahasa, istilah prokrastinasi berasal dari bahasa Latin procrastination dengan awalan pro yang berarti mendukung maju atau bergerak maju dan akhiran crastinus yang berarti keputusan hari esok. Jadi prokrastinasi dapat berarti menangguhkan atau menunda sampai hari berikutnya.Prokrastinasi ini adalah kebiasaan buruk, kita harus memiliki kiat dan tips untuk mengatasi prokrastinasi ini.

Ciri Ciri Prokrastinasi

Prokrastinasi dapat kita amati melalui ciri-ciri tertentu berupa :

  • Penundaan untuk memulai menyelesaikan tugas yang dihadapi
  • Keterlambatan dalam menyelesaikan tugas, karena melakukan hal-hal lain yang tidak penting.
  • Kesenjangan waktu antara rencana yang ditetapkan dan kinerja aktual
  • Melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan daripada tugas yang harus segera kita kerjakan (seperti ngobrol, nonton, mendengarkan musik, jalan-jalan, dll)

Nah….apakah anda memiliki salah satu ciri tersebut ?

James Clear seorang pengusaha dan penulis buku Atomic Habits, memiliki trik untuk menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan ini. Dalam ATOMIC HABITS, James Clear mengungkap bahwa kebiasaan-kebiasaan kecil dapat membuat perubahan besar dalam hidup. Salah satu teknik/cara James Clear dalam menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan ini kita kenal dengan Aturan Dua Menit.

 Apa itu aturan dua menit ?

Jadi begini, Jika suatu hal/pekerjaan HANYA butuh dua menit untuk dikerjakan, maka KERJAKAN sekarang juga!

Jika anda BENAR BENAR ingin berhenti menghilangkan kebiasaan Prokrastinasi, maka cukup SISIHKAN WAKTU FOKUS selama dua menit unutk memulainya. Ingat: anda hanya perlu untuk fokus bekerja selama dua menit saja! Tanpa ada gangguan dan TIDAK ada selingan selama dua menit tersebut.

Setelah dua menit pertama membentuk fokus dan konsentrasi bekerja, biasanya anda akan merasakan kenyamanan bekerja dan ingin lanjut hingga selesai.

Inilah trik Aturan Dua Menit dari James Clear penulis Atomic Habits, initinya adalah mulailah dari hal terkecil (target kecil, yaitu bisa fokus bekerja selama dua menit) dan mulailah sekarang juga (pikirkan bahwa anda hanya butuh meluangkan waktu dua menit saja!)

Untuk langkah mengatasi Prokrastinasi yang lainnya, bisa baca ini.

Semoga bermanfaat!

By budiwe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *