Berawal dari mengisi kelas di Expert Community untuk Glints, banyak “antrian” permintaan untuk bisa ikut kelas, menaklukkan orang melalui metode DISC. Hebatnya, yang ikut antri bukan hanya Praktisi Sales (Penjualan) saja, tapi juga dari HR, Accounting bahkan Fresh Graduate. Ada yang ingin tahu cara jitu berkomunikasi dengan orang lain, ada pula yang ingin dibongkar kepridaian calon mertuanya sehingga lebih mudah mendapat restu… 😀 ah ada ada saja.

Nah…seberapa Powerful sebenarnya kekuatan DISC ini ?

Sejak dulu, orang memang selalu ingin tahu dengan karakter atau kepribadian orang lain, kenapa ? Karena kodratnya memang manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan orang lain, dalam interaksi dengan orang lain inilah manusia butuh mengenali Personality / Kepribadian orang lain.

Jaman dahulu, Hipocrates menemukan ada 4 karakter dasar manusia, yaitu koleris, sanguinis, melankolis, dan plegmatis. Usaha – Usaha untuk mengenali kepribadian/karakter manusia terus berkembang, salahsatunya oleh

William Moulton Marston melalui bukunya Emotions of Normal People. Buku ini diterbitkan pada tahun 1928.

Teori Marston menyebut bahwa ekspresi perilaku emosi dapat dikategorikan menjadi empat tipe utama, yang berasal dari persepsi diri seseorang dalam hubungannya dengan lingkungannya.

Keempat jenis ini diberi label oleh Marston sebagai berikut.

Dominance (D), menekankan pada pencapaian hasil, dan kepercayaan diri.
Inducement (I), menekankan pada kemampuan untuk mempengaruhi orang lain, keterbukaan, hubungan.
Submission (S), menekankan pada kerja sama, ketulusan, ketergantungan.
Compliance (C), menekankan pada kualitas dan akurasi, keahlian, kompetensi.

Teori Marston inilah yang menjadi awal berkembangnya DISC yang disempurnakan oleh  Walter V. Clarke tahun 1956.

Nah…jadi DISC ini sudah berkembang sejak lama melalui serangkain metode ilmiah, pertanyaannya:

Apa iya dengan mengetahui profil kepribadian seseorang, kemudian kita bisa menaklukkannya (baca: mudah berkomunikasi dan menyampaikan keinginan kita) ?

Nah…disitulah pentingnya Pelatihan ini. Di Pelatihan ini, akan diberikan tips dan trik memanfaatkan teknik teknik berkomunikasi yang disesuaikan dengan Tipe Personality. Yang dipelajari dalam Pelatihan ini:

  1. Memahami profil karakter seseorang
  2. Mengetahui cara berkomunikasi sesuai profil karakter
  3. Bagaimana menerapkan komunikasi yang efektif
  4. Bagaimana menerapkan teknik closing (anti penolakan) sesuai profil karakter.

Dari materi materi tersebut, kita akan dibekali dengan Teknik Closing Anti Penolakan, dijamin konsumen/gebetan/calon mertua gak akan menolak kita. Bukan itu saja, DISC juga efektif untuk membangun sebuah team. Penerapannya dapat dilihat disini : https://budiwe.com/membangun-team-solid-dengan-mengenali-karakter-anggota-team/

Tertarik ?

By budiwe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *