semua ada harganya

Semua ada harganya adalah kisah tentang pencarian kebijakan sejati. Pada zaman dahulu ada seorang raja yang ingin menyusun sebuah kitab tentang “kebijakan sejati”. Dia mengumpulkan orang-orang terbaiknya dan meminta mereka untuk mengemban tugas yang sangat penting ini dengan sungguh-sungguh dan meringkasnya ke dalam sebuah kitab. Orang-orang kepercayaan tersebut memulai penelitian mereka dan setelah satu tahun mereka kembali dengan membawa sebuah kitab tebal yang berisikan tentang “kebijakan sejati”.

Melihat kitab yang tebal itu, sang raja merasa puas tetapi dia meminta mereka meringkas kitab itu lebih tipis lagi. Kemudian orang kepercayaannya datang kembali dengan membawa satu bab. Dia menyatakan dengan tegas bahwa ini terlalu panjang. Akhirnya mereka meringkas kitab ke dalam sebuah kalimat. Ketika sang raja membacanya dia sangat puas dan berkata “inilah kebijakan sejati itu”. Sesungguhnya kalimat sederhana yang dianggapnya sebagai kebijakan sejati itu berbunyi “tidak ada yang gratis”.

Betapa benarnya kalimat ini: tidak ada yang gratis. Jika anda ingin sukses, anda perlu menginvestasikan waktu, usaha, uang anda dan lain-lain untuk mencapai kesuksesan. Jika anda menginginkan pegawai-pegawai yang bagus anda harus menggaji mereka lebih, supaya mereka akan selalu bekerja untuk anda. Segala sesuatu pasti ada harga yang harus anda bayar! Seperti pepatah mengatakan: “Jika anda melempar kacang, anda akan mendapatkan monyet”. Pepatash barat juga menyebut: You Pay Peanut, You Get Monkey. Jika anda membayar karyawan dengan sangat murah, maka anda hanya akan mendapatkan karyawan yang hasil kerjanya sebanding dengan upahnya. Anda akan mendapatkan sesuatu sesuai dengan usaha yang anda upayakan.  Hukum Kompensasi menyatakan bahwa anda akan memperoleh sesuatu sesuai dengan apa yang anda usahakan. Ingat: SEMUA ADA HARGANYA.

By budiwe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *