karyawan adalah aset penting

Pengertian Karyawan

Karyawan adalah orang yang bekerja di suatu perusahaan atau lembaga dan di gaji dengan uang. Atau karyawan dapat kita artikan juga sebagai orang yang bertugas sebagai pekerja pada suatu perusahaan atau lembaga untuk melakukan operasional tempat kerjanya dengan balas jasa berupa uang.

Pengertian Karyawan Menurut Para Ahli

1. Hasibuan “Dalam Manulang, 2002”

Karyawan merupakan orang penjual jasa “pikiran atau tenaga” dan mendapat kompensasi yang besarnya telah ada ketetapan/kesepakatan terlebih dahulu.

2.  Subri “Dalam Manulang, 2002”

Karyawan merupakan penduduk dalam usia kerja “berusia 15-64 tahun” atau jumlah seluruh penduduk dalam suatu negara yang memproduksi barang dan jasa jika ada permitaan terhadap tenaga mereka, dan jika mereka mau berpartisipasi dalam aktivitas tersebut.

3. Sedarmayanti, 2011:260

Menyatakan bahwa kinerja merupakan terjemahan dari kata performance yang memiliki arti sebagai sebuah hasil kerja seorang pegawai atau pekerja, sebuah proses manajemen yang mana hasil kerja tersebut harus memiliki sebuah bukti konkret yang juga dapat diukur.

4. KBBI

Karyawan merupakan orang yang bekerja pada suatu lembaga “kantor, perusahaan, dan sebagainya” dengan mendapat gaji “upah”, pegawai, pekerja.

Kenapa Karyawan adalah aset penting ?

Seberapapun banyaknya sumber daya yang dimiliki, jika tidak tahu cara mengelolanya, maka tidak akan berguna. Saya percaya filosofi “the man behind the gun”, oleh karena itu Karyawan menjadi aset penting. Modal kapabilitas, ketrampilan dan kecerdasan SDM merupakan elemen fundamental bagi kejayaan sebuah organisasi, sebab human capital atau modal insanilah yang pada akhirnya akan menentukan kemajuan peradaban dan kebudayaan;bukan aset fisik, kecanggihan teknologi, modal finansial ataupun strategi branding yang heroik ! #capacityBuilding #humanCapital

Salah satu cara untuk merawat aset penting ini adalah dengan memberikan kesempatan pada karyawan untuk mengembangkan diri, baik melalui Pelatihan/training maupun kursus. Intinya adalah bagaimana kita mampu membangun team yang Solid.

By budiwe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *