cara cek shortener untuk menghindari phising

Sering kan dapet link yg depannya bit(dot) Ly atau s (dot) id atau tinyurl ?, itu url shortener namanya, jadi biar ringkes gitu lah,, daripada pake www https gitu. Masalahnya banyak pelaku phishing yang nyembunyiin link palsu mereka lewat shortener. Jadi si korban pun mau ndak mau harus ngeklik langsung. Apakah sih Phising itu ? Phising berasal dari kata Fishing yang artinya memancing, jadi pelaku memancing korban untuk mengunjungi web tertentu. Saat mengunjungi web tertentu itulah pelaku akan mencuri data data dan kredensial korban. Nah…untuk menyembunyikan web/link untuk mencuri data, maka penjahat menggunakan shortener bitly atau Sid tadi.

Kenapa korban mau melakukan hal itu?

Pelaku phising biasanya menampakkan diri sebagai pihak atau institusi yang berwenang. Dengan menggunakan website atau email palsu yang tampak meyakinkan, banyak orang berhasil tertipu. Informasi data phising yang diperoleh bisa langsung dimanfaatkan untuk menipu korban. Atau, bisa juga dijual ke pihak lain untuk melakukan tindakan tidak bertanggung jawab seperti penyalahgunaan akun.


Padahal shortener tadi sangat berguna untuk meringkas URL misalnya saat membuat Google Form.
Bagaimana cara ngecek shortener hingga bisa tahu link aslinya ?
Cara ngecek yang aman gampang kok, untuk buka link shortener bisa ke wheregoes.com nanti akan terlihat link aslinya seperti apa.
Bisa kah melihat isi website nya tanpa kita masuk ke websitenya ?
Bisa banget. Caranya masukin aja link aslinya tadi ke urlscan.io nanti keliatan tuh detail website beserta tampilannya kaya gimana. Jadi aman banget karena kita gak perlu harus klik langsung.

Semoga bermanfaat!

#budiwe

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

By budiwe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *