Prinsip negosiasi, Langkah Mudah untuk Komunikasi yang Efektif

Komunikasi adalah sebuah bagian penting yang tidak dapat kita pisahkan dari kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Setiap orang berkomunikasi dengan satu atau lain cara, tetapi sangat sedikit orang yang menguasai keterampilan komunikasi yang benar-benar efektif. Bagaimana langkah mudah untuk komunikasi yang efektif itu ? Sehingga pesan dapat sampai dengan jelas tanpa Gangguan. Gangguan dalam komunikasi sering terjadi dan biasanya menyebabkan berbagai masalah sosial, mulai dari perasaan terluka dan kemarahan hingga putusnya hubungan dan bahkan kekerasan.  

 Secara etimologis, kata komunikasi berasal dari bahasa latin “communicare” yang artinya “menyampaikan”. Komunikasi merupakan suatu aktivitas penyampaian informasi, baik itu pesan, ide, dan gagasan, dari satu pihak ke pihak lainnya yang baik secara langsung maupun tidak langsung.

Unutuk menghasilkan Komunikasi yang efektif ada tiga pedoman yang dapat kita gunakan.

Tiga Langkah Mudah Untuk Komunikasi yang Efektif

  • Pastikan Anda mendapatkan perhatian dari orang yang ingin Anda ajak berkomunikasi dengan cara TETAP mempertahankan kontak mata.
  • Cobalah untuk mengirim pesan yang jelas dan sejalan antara pesan verbal maupun no verbal (gesture, raut muka, intonasi dan nada suara). Bersikaplah langsung dan jujur dengan apa yang ingin anda sampaikan. Misalnya, Anda mengatakan “tidak” maka gesture anda adalah menggeleng dengan intonasi suara yang tegas.
  • Mintalah umpan balik untuk memastikan pesan yang Anda kirim telah sampai dengan akurat. Hadapi pemberian umpan balik ini dengan tetap mempertahankan kontak mata. Mengangguk, tersenyum, atau sesekali membuat vokalisasi afirmatif atau respons lain yang memberi tahu pengirim bahwa Anda memperhatikan. Tunggu sampai orang tersebut menyelesaikan pemikirannya tanpa menyela untuk mengungkapkan ide Anda sendiri. Jika Anda tidak yakin memahami umpan baliknya, ajukan pertanyaan dan minta klarifikasi. Terakhir, sampaikan kembali umpan balik yang telah anda terima tersebut dengan menggunakan bahasa anda sendiri. Kemmapuan memberikan umpan balik ini terkait dengan kemampuan mendengar dengan baik. Anda bisa pelajari caranya dengan KLIK DI SINI.

Dengan mengikuti 3 (tiga) hal tersebut, Anda dapat sangat meningkatkan keterampilan komunikasi Anda. Dengan meningkatnya ketrampilan komunikasi anda, artinya meningkatkan pemahaman yang lebih baik dalam hubungan Anda, dan meningkatkan kualitas hidup Anda. Anda akan lebih mudah dalam menyampaikan ide dan gagasan anda dalam bahasa yang lebih efektif.

By budiwe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!