Kebiasaan Yang Bisa Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Apakah ada kebiasaan yang akan meningkatkan kepercayaan diri Anda ? Pasti ada. Lima (5) Kebiasaan berikut ini dapat meningkatkan Kepercayaa Diri Anda. Tetapi hanya dengan membacanya saja tidak serta merta kepercayaan diri anda akan meningkat. Anda harus memprekatekkannya.

Mari kita mulai.

5 Kebiasaan Yang Bisa Meningkatkan Rasa Percaya Diri

1. Terima bahwa anda mungkin kurang percaya diri, tetapi Anda saat ini sedang memperbaikinya.

Penerimaan menjadi hal penting. Menerima artinya mengakui dan berusaha untuk memperbaiki. Yakinlah bahwa perasaaan kurang percaya diri bukanlah perasaan permanent yang tidak bisa berubah. Anda sedang dan pasti bisa mengubahnya. Jangan pernah ragu.

2. Berlatih self-talk

Mampu menyadari ketika Anda menderita, gagal, menghibur diri sendiri, dan mengatakan pada diri sendiri bahwa “besok adalah hari lain”. Hal ini  akan membantu Anda menerima diri sendiri bahkan ketika Anda belum mampu menangani diri sendiri seperti yang Anda inginkan. Bersikap suportif dan baik kepada diri sendiri ketika Anda melakukan kesalahan serta memaafkan diri sendiri.

Beberapa contoh Self talk :

  • “Memang benar bahwa kamu tidak melakukan sebaik yang kamu inginkan dalam pembicaraan, tetapi mengingat kamu merasa tidak enak badan, kamu adalah hebat bisa melewatinya.”
  • “Ya, kamu merasa tidak enak karena menolak permintaan temanmu. Tapi kamu juga perlu menjadi diri sendiri. “
  • “Kamu tidak harus menjadi sempurna.”
  • “Jangan biarkan itu membuatmu kecewa. Semua ini akan berlalu.”

3. Beri makna ulang “kegagalan” sebagai Tantangan / pengalaman belajar.

Memberi label ulang “kegagalan” sebagai misalnya: “tantangan”, terbukti menurunkan tingkat stres dalam tubuh Anda. Bagaimana Anda bisa memenuhi “tantangan” terbaru ini? Mengubah satu kata dapat menjadi awal serangkaian pemecahan masalah. Menganalisis kesalahan dan kegagalan masa lalu juga dapat meningkatkan kinerja Anda di masa depan. Singkirkan kata “kegagalan” dari kosakata Anda. 

4. Jangan berasumsi bahwa orang lain tahu apa yang Anda ketahui.

Ingat baik-baik: tak semua yang Anda tahu, orang lain juga tahu. Jangan pernah ragu menyampaikan apapun yang anda ketahui jika memang perlu. Seperti halnya seorang Guru yang mengajar di depan kelas, meskipun yang pelajarannya sama dan murid bisa saja belajar lebih dulu. Namun pengetahuannya tetap akan berbeda.

5. Ketahui kekuatan Anda.

Pikirkan kembali tiap umpan balik positif dari orang lain.  Mengingat dan menikmati umpan balik positif dari orang lain akan membantu Anda menginternalisasi kekuatan Anda. Demikian juga, mengingat pengalaman positif lainnya akan menanamkan kualitas khusus Anda ke dalam otak Anda. Kuncinya adalah Fokuslah pada kekuatan Anda sendiri.

Sambil mempraktikkan 5 kebiasaan yang bisa meningkatkan rasa percaya diri tersebut, jangan lupa untuk mengingat misi, nilai dan tujuan hidup Anda. Anda hadir tidak dalam kesia-siaan. Anda adalah orang berharga.

Baca Juga : Ini Tentang Softskill !

By budiwe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!