Menyebutkan Gaji saat wawancara kerja Strategi Sukses wawancara Kerja

Memiliki strategi wawancara yang solid, mengetahui beberapa jebakan umum dalam wawancara kerja akan dapat membuat Anda sukses mendapatkan pekerjaan. Begitupun sebaliknya, strategi wawancara yang salah akan dapat menghancurkan peluang anda mendapatkan pekerjaan. Padahal pekerjaan yang baik dapat mengubah hidup Anda secara keseluruhan.

Berikut beberapa tips wawancara kerja yang dapat Anda gunakan sebagai strategi dalam menghadapi wawancara kerja.

1. Sesuaikan Jawaban dengan Keadaan Perusahaan. 

Semakin banyak Anda meneliti perusahaan, semakin banyak kesempatan Anda sukses dari wawancara. Dan juga, semakin banyak antusiasme yang Anda tunjukkan akan membuat Anda berbeda.

Googling / Browsinglah segala sesuatu tentang perusahaan yang mewawancarai Anda. Gunakan media sosial untuk mencari informasi dan untuk memahami visi dan strategi perusahaan. Ini akan membuat pertanyaan (dan tanggapan) Anda lebih terarah (sesuai Visi dan Misi Perusahaan).

2. Kenali USP Anda

Sama seperti setiap produk yang Anda beli, andapun memiliki “Unique Selling Proposition ” (USP). Saat melamar kerja, hakikatnya Anda adalah sedang menjual Kompetensi Anda. Anda memiliki keahlian unik yang harus disesuaikan dengan lowongan pekerjaan. Lebih khusus lagi, harus disesuaikan dengan budaya dan nilai perusahaan. Inilah penting mencari informasi, kemudian mencocokkan dengan Selling Point Anda. Setiap departemen dan perusahaan memandang pelamar sebagai pengembalian investasi. Sangat mungkin Pekerjaan baru / Posisi baru akan muncul atau departemen baru direstrukturisasi berdasarkan bakat yang muncul dalam wawancara. Jadi pastikan bahwa anda Unik dan Bernilai !

3. Mendengarkan Secara Aktif

Pepatah lama menyebut, “Anda memiliki dua telinga dan satu mulut”. Inilah pentingnya menjadi pendengar yang baik. INGAT: mendengar bukan untuk memberikan balasan jawaban. Anda dapat kehilangan nuansa yang sangat berharga dalam percakapan jika Anda terus-menerus memikirkan jawaban atas pertanyaan pewawancara. Anda harus memperhatikan isyarat verbal dan non-verbal (gesture) dari pewawancara Anda.

4. Kunci Kesepakatan

Anda juga dapat bertanya kepada pewawancara  Anda kapan keputusan perekrutan bisa Anda dapatkan. Anda harus bisa mengakhiri wawancara dengan penuh percaya. Tindak lanjuti dengan minat dan antusiasme Anda terhadap pekerjaan dengan mengirimkan email terima kasih kepada mereka yang telah mewawancarai Anda. Pastikan nama dan subjek email sudah benar. Dan kuncilah kesepakatan dengan mengingatkan kembali tentang keputusan perekrutan.

Itulah 4 Strategi Sukses Wawancara Kerja. Sekarang Anda dapat melatih kemungkinan pertanyaan dan jawaban dalam wawancara kerja. Sehingga anda bisa lancer dalam mengantisipasi pertanyaan dan Anda terlihat lebih kredibel dan kompeten.

Baca Juga: Jika ditanya Gaji saat wawancara…

By budiwe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!