wisata saat pandemi

Pandemi yang belum berakhir, Virus Corona yang masih merajalela belum memungkin kita untuk bisa Wisata Murah seperti di tulisan ini.

Namun jangan khawatir masih banyak tempat wisata murah yang mendidik yang tetap bisa kita datangi, dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat. Hal hal yang perlu kita perhatikan saat piknik selama musim pandemi adalah:

Tips Wisata Murah Selama Pandemi

  1. Bawa Bekal Sendiri
  2. Tetap Lakukan Prokes dan bawa masker cadangan
  3. Jauhi kerumunan yang rapat
  4. Gunakan Pakaian yang mudah untuk cuci
  5. Hindari menggunakan fasilitas Publik
  6. Bawa handsanitizer yang mudah untuk membawa dan mengambil dari dalam kantong
  7. Terapkan Prosedur untuk segera mandi dan istirahat selepas bepergian.

Nah….kali ini kita akan piknik atau wisata murah ke tempat terdekat dari rumah dan sering kita kunjungi setidaknya sebulan sekali. Di mana itu ?

Yak Betul! kita akan mengunjungi tempat favorit para ibu 🙂 yaitu: Supermarket.

Apa saja yang bisa dilakukan di Supermarket?

Banyak hal yang bisa kita lakukan di supermarket, selain berbelanja. Hal yang menarik lagi adalah, kita bisa ajak anak dari semua umur. Yang akan saya bagikan adalah #PiknikMurah untuk anak di bawah 5 tahun dan anak usia 8-9 tahun.
Kegiatan #PiknikMurah bisa kita mulai sejak dari halaman parkir, untuk anak dibawah 5 tahun kita bisa ajak untuk mengenali warna (mobil), menghitung rodanya, melihat bentuk roda, bentuk Box (pada mobil box) dan sebagainya. Untuk anak usia 8-9 tahun kita bisa mengenalkan macam-macam alat transportasi, mengenal arah/denah (misal: mobil ini menghadap mana? ATM berada di sebelah mananya tempat parkir?).
Lanjut masuk ke Supermarket, untuk anak usia 8-9 tahun kenalkan dengan konsep tentang Pasar. Apa itu pasar tradisional? Apa itu pasar Modern? Coba bedanya apa? Jika kegiatan ini kita sertai dengan belanja, kita bisa kenalkan tentang alat pembayaran yang sah (Uang), jika belanja tentang sayuran kita bisa ajak anak untuk mengenali kandungan vitamin dalam sayuran yang kita beli, protein serta manfaatnya. ( Tips: Jika kesulitan apa saja yang bisa dipelajari, ibu dan bapak bisa menyesuaikan dengan Silabus Mata Pelajaran sang buah hati)
Bagaimana untuk anak dibawah 5 tahun? Ajak aja jalan-jalan ke tempat ikan segar, kenalkan dengan jenis-jenis ikan, dorong anak supaya suka makan ikan. Ajak anak mengenali bentuk tahu, tempe dan tomat (bundar, kotak dan sebagainya).


Sementara ini dulu, saya yakin ibu dan bapak sudah menerapkan hal-hal tersebut saat mengajak sang buah hati ke Supermarket.
Iya kan, Bu ?

By Rina Dyah

Dosen Kampus Swasta di Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *