Tips Viral di Media Sosial

Mungkin kita sering bertanya: Kenapa konten bisa menjadi Viral dan Mendapatkan share ribuan bahkan jutaan orang ? Apa Tips Viral di Media Sosial? Tulisan berikut akan menjelaskan dan Tips dan sebab kenapa suatu konten bisa Viral di media Sosial.

Jonah Berger (profesor dan guru besar ilmu marketing dari Wharton Business School, University of Pennsylvania) dalam bukunya Contagious menuliskan ada sejumlah faktor yang menyebabkan kenapa sebuah konten menjadi viral.

Faktor #1 : Social Currency. Orang tergerak men-share sebuah konten (entah melalui media sosial atau grup WA) karena mereka merasa dengan men-share konten tertentu, maka orang tersebut merasa telah ikut “berbuat sesuatu yang berguna bagi orang lain”.

Faktor 2 : Emotion Sebuah konten akan mudah menjadi viral jika isinya memicu emosi publik, bisa emosi yang mengundang tawa atau juga emosi yang memancing kemarahan (public anger). Sayangnya, konten yang memicu emosi kemarahan lebih mudah menjadi viral.

 Faktor 3 : Practical Value. Sebuah konten akan mudha menyebar menjadi viral jika isinya mampu memberikan manfaat praktikal bagi pemirsanya. Konten dengan isi yang super berfaedah punya peluang tinggi untuk menjadi viral.

Faktor 4 : Story Sebuah konten dengan format kisah atau cerita (storytelling) biasanya juga akan mudah menjadi viral. Ada banyak konten yang isinya kisah personal seseorang (dan isinya mengundang emosi) yang kemudian menjadi viral.

Itulah 4 unsur yang bisa memicu sebuah konten menjadi viral :

1. Social Currency

2. Emotion

3. Super Useful

4. Storytelling

4 (empat) unsur tidak harus ada semuanya, bahkan hanya cukup 2 unsur saja sudah bisa untuk menjadi viral. Beberapa konten saya yang sempat Viral juga tidak semua mengandung 4 unsur ini sekaligus,

Contohnya adalah konten Aksi Bocah-bocah Ngobrol di WhatsApp Saat Belajar di Rumah

Twit tersebut bahkan beberapa kali jadi postingan Instagram dan pemberitaan media online, salah satunya di Hitekno.

Dari hasil analitik twitter, dapat kita lihat bahwa twit ini sudah tayang sebanyak 600 ribuan kali. Konten ini menggunakan unsur Emotion dan Storry. Emotion untuk memancing emosi gembira (tawa, minimal senyum) dan teknik Storytelling melalui cerita keadaan anak anak yang terlalu lama belajar di rumah akibat pandemic, sehingga kangen ngobrol dan main bareng temannya.

Nah… sekarang coba amati konten tentang Magic Com berikut ini:

sumber: Twitter

Link Asli : Magic Com

kenapa konten receh tersebut ini bisa Viral dan banyak menjadi sumber tulisan oleh media online

Serta banyak akun akun Instagram yang mencomot sebagai ide konten ?

Contoh konten berikutnya adalah postingan pada situs Linkedin. Postingan ini dilihat lebih dari 338 ribu kali, dengan komentar lebih dari 5.500 komentar serta sudah ratusan kali dibagikan ulang.

Beberapa contoh konten Viral yang lain bisa dilihat di sini atau Klik disini.

By budiwe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *