Trik Menjalin Hubungan Baik dengan Orangtua

Hubungan yang baik antara anak dan orangtua adalah idaman bagi semua orang. Tetapi, bagi yang masih tinggal bersama orangtua, seringkali muncul konflik atau duri-duri kecil dalam berhubungan dengan orangtua. Bahkan yang sudah berpisah dengan orangtuapun, juga masih sering mengalami hal ini. Karena itu sering timbul pertanyaan : bagaimana trik agar dapat menjalin hubungan yang lebih baik dengan orang tua?

Berikut adalah teknik untuk membuat orangtua melihat Anda sebagai orang dewasa dan memperlakukan Anda dengan lebih baik dan lebih terhormat. Sehingga hubungan anda dengan orangtua/mertua akan lebih baik. Kami rangkum dalam 13 Trik Menjalin Hubungan Baik Dengan Orangtua.

13 Trik Menjalin Hubungan Lebih Baik

 1. Beritahu mereka tentang Anda. Beri tahu mereka apa yang Anda suka dan apa yang tidak Anda sukai. Anda adalah satu satunya orang yang mengenali diri Anda dengan baik. Jadilah diri anda sendiri. Anda bisa membaca kiatnya di sini.

2. Ketika orang tua Anda mencoba memberi tahu Anda lebih banyak tentang Anda dan kekurangan Anda daripada yang sebenarnya ingin Anda dengar, tanyakan kepada mereka tentang diri mereka pada usia Anda. 

 3. Ucapkan terima kasih atas kritik apa pun, dan tanyakan pengalaman / latar belakang apa yang menyebabkan mereka mengkritik kita.

4. Ini Penting sekali, jangan lupa, untuk minta nasihat mereka bahkan sebelum mereka memberikannya. Jika mereka tahu Anda serius meminta nasihat, Orngtua akan memberikan nasihat yang lebih baik dan lebih simpatik.

5. Jelaskan seberapa besar Anda menghargai pendapat / nasihat mereka, dan berhati-hatilah untuk menambahkan bahwa pendapat mereka itu  sangat Anda hargai dan anda pertimbangkan saat Anda membuat keputusan sendiri.

6. Jangan sembunyikan apapun dari mereka. Rahasia dan kebohongan akan membuat Anda malu pada diri sendiri, dan akan membuat mereka berpikir Anda menyembunyikan sesuatu dari mereka.

7. Sertakan mereka dalam kehidupan sosial Anda . Ajak mereka untuk melakukan banyak hal bersama Anda, baik mereka suka atau tidak. Dan menerima ajakan mereka sebagai balasannya.

8. Minta mereka untuk menceritakan kisah keluarga kepada Anda. Ketika mereka menceritakan kisah keluarga tentang Anda, beri mereka informasi yang diperlukan untuk mengubah posisi Anda dalam mitos keluarga.

Jangan lupa untuk memulai lebih dulu, dengan cara:

9. Ingat selalu untuk memberi tahu dan menyammpaikan ke orangtua apakah Anda membutuhkan dukungan atau kritik saat ini. Ingat, mereka ingin di atas segalanya untuk merasa dibutuhkan dan menjadi orang tua yang baik. Berilah orangtua banyak kesempatan untuk merasa berguna.

10. Temukan hal-hal yang dapat menjadi alasan untuk berterima kasih kepada mereka, terutama kenangan dari masa lalu, misalnya: masa kecil anda, kenangan saat di rumah, kenangan masa sekolah dan sebagainya.

11. Beri tahu ke orangtua betapa buruk dan kacaunya perasaan Anda karena telah menyusahkan mereka. Ungkapkan semua hal yang Anda rahasiakan dari mereka saat itu. Bisa jadi, hal tersebut akan mengejutkan mereka, dan mereka akan menyadari bahwa Anda tidak lebih buruk dari penilaian mereka selama ini. Dan hal itu bisa menjadi akan semakin mendekatkan anda dengan orangtua anda.

12. Hubungi mereka lebih sering daripada yang mereka butuhkan. Bisa melalui telpon, chat atau dengan memberikan kejutan kejutan kecil. Cobalah untuk telpon orangtua disaat acara TV Favorit mereka, mereka buru buru untuk segera mengangkat telepon anda.

13. Jangan mengkritik orangtua dihadapan orang lain. Biasakan memuji mereka di hadapan teman-teman Anda.

Demikianlah 13 Trik menjalin hubungan lebih baik dengan orangtua. Semoga bermanfaat.

By budiwe

One thought on “13 Trik Menjalin Hubungan Lebih Baik Dengan Orangtua”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *