budiwe.com logo WEF

World Economic Forum merilis 10 Keterampilan yang paling banyak menjadi kebutuhan kerja di masa depan. Critical thinking and Problem-solving menjadi yang teratas dalam daftar keterampilan yang oleh para pemberi kerja akan kian penting dalam lima tahun ke depan.
Wrold Economic Forum (WEF) World Economic Forum (WEF) adalah acara tahunan yang rutin setiap bulan Januari di Davos, Swiss.
Forum ini bertujuan membahas semua hal yang berkaitan dengan perekonomian dunia, mulai dari kesempatan ekonomi global hingga mencari solusi terbaik untuk memecahkan persoalan ekonomi yang terjadi. Berdasarkan prediksi WEF, di tahun 2025 nanti bisa jadi manusia dan mesin akan berprofesi secara berdampingan untuk menuntaskan 85 juta kesempatan kerja yang ada.

BACA JUGA: TIPS CEPAT KERJA


Problem Solving dan Self management menjadi tipe ketrampilan yang paling banyak menjadi incaran para pemberi kerja yang termasuk dalam kategori tipe ini antara lain: Analytical thinking, Active learning,Critical thinking dan Creativity.
Lengkapnya, 10 Skill yang paling menjadi kebutuhan pemberi kerja di 2025 adalah:

INILAH DAFTAR 10 SKILL

  1. Complex problem solving,
  2. Critical thinking,
  3. Creativity,
  4. People management,
  5. Coordinating with others,
  6. Emotional intelligence,
  7. Judgement and decision making,
  8. Service orientation,
  9. Negotiation, dan
  10. Cognitive flexibility.

Sepuluh skills ini adalah kemampuan yang seharusnya mampu menjadi acuan untuk kamu miliki, sebab skill inilah yang mampu menjadi modal unutk terjun dalam pesaingan global di negeri ini. Sebab sadar atau tidak, 10 skills ini pula lah yang merepresentasikan kebutuhan pekerjaan di masa depan. Jika kita perhatikan, 10 Skills tadi semuanya adalah Soft Skill bukan hard Skill.

Apa Perbedaan Hardskill dan Softskill?

Hard skill merupakan keahlian utama dalam suatu pekerjaan dari segi kemampuan spesifik yang didapatkan dari pendidikan formal, misalnya Programming, Desain, Coding dan sebagainya. Sedangkan Softskill adalah atribut dan ciri kepribadian (bawaan) seseorang sebagai individu, yang tidak didapatkan dari pendidikan formal. Biasanya kita mendapatkan dari interaksi dan pengalaman hidup, contohnya: Leadership, Communications, Cara Berfikir Analitis, Etos kerja dan sebagainya. Softskill meskipun kita tidak mendapatkan dari pendidikan formal, namun berperan besar unutk mendukung karir dan masa depan menjadi lebih baik. Karena itu, ketrampilan ketrampilan yang dibutuhkan di masa depan tersebut mayoritas adalah Softskill maka tidak akan didapatkan di pendidikan formal. Jadi, kita harus meluangkan waktu untuk mempelajari dan mendapatkan ketrampilan ini di luar pendidikan formal. Cara untuk mendapatkannya bisa dengan kursus/training/ikut pelatihan, mencari mentor khusus dan atau mengikuti kegiatan sebagai volunteer.

Nah..Ketrampilan mana saja yang sudah kamu miliki ?

BACA JUGA : PENTING MANA: HARDSKILL ATAU SOFTSKILL ?

By budiwe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *