Warna dapat memainkan peran penting dalam menyampaikan informasi secara nonverbal , menciptakan suasana hati tertentu, dan bahkan mempengaruhi keputusan yang dibuat orang. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa arti warna dan respons apa yang dapat ditimbulkannya.

Seperti halnya Gambar Psikologi, warna dapat memainkan peran penting dalam menyampaikan informasi secara nonverbal , menciptakan suasana hati tertentu, dan bahkan mempengaruhi keputusan orang. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa arti warna dan respons apa yang dapat timbul dari pemilihan waran tersebut. Anda  dapat memilih tampilan yang ingin Anda tampilkan, baik secara pribadi maupun profesional, untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Apa itu Psikologi Warna?

Dalam istilah yang paling sederhana, psikologi warna telah menjadi bidang teori warna yang populer yang memberikan konotasi emosional dan psikologis antara warna dan emosi. Banyak dari makna ini bersifat universal karena memiliki efek pada otak tetapi beberapa hanya bersifat sebagai budaya local setempat, misalnya warna bendera putih untuk kematian/duka cita. Anda cebderung menyukai warna tertentu sering dipengaruhi pada kenangan masa kecil dan hubungan Anda antara warna dan perasaan anda saat itu. Misalnya, jika ibu Anda  sering memakaikan warna kuning  dan teman-teman Anda menjadi mengolok-olok Anda, bisa jadi warna kuning tidak menjadi warna favorit Anda saat dewasa.

Terkadang rona warna dapat memiliki banyak konotasi untuk Anda. Misalnya, Anda dapat memilih untuk mengenakan blus oranye suatu hari karena:

  • Ini memperbaiki suasana hati (mood) Anda
  • Anda merasa lebih siap beraksi dan menghadapi hari
  • Anda merasa kreatif

BACA JUGA: CARA MEMBANGUN TEAM YANG SOLID

Arti Warna

Bagaimana warna mempengaruhi suasana hati? Sementara persepsi warna agak subjektif, bahkan beberapa efek memiliki makna universal. Warna-warna di area spektrum merah bisa berbasis kuning seperti merah, maron dan merah-oranye merupakan warna hangat. Warna-warna hangat ini membangkitkan emosi mulai dari perasaan nyaman dan hangat hingga perasaan permusuhan dan kemarahan. 

1. Merah

Merah paling menarik perhatian dan biasanya terkait dengan emosi yang kuat , seperti cinta, gairah, dan kemarahan.

Ini adalah warna universal untuk menandakan kekuatan, keberanian , dan bahaya. Merah bersemangat, merangsang dan menggairahkan dengan hubungan yang kuat dengan seksualitas dan nafsu makan yang meningkat.

Merah memberi energi dan menggairahkan, memotivasi kita untuk bertindak. Hal ini juga dapat memberikan kepercayaan diri bagi mereka yang pemalu atau kurang memiliki inisiatif.

Merah itu hangat dan positif, umumnya terkait dengan sebagian besar kebutuhan fisik kita dan keinginan kita untuk bertahan hidup. Ini memancarkan energi maskulin yang kuat.. Ini meningkatkan metabolisme , meningkatkan laju pernapasan, dan meningkatkan tekanan darah.

Kenakan warna merah untuk memberi energi pada kelompok atau pertemuan tetapi pada bagian pakaian yang lebih kecil, seperti blus atau syal. Ini juga sangat menakjubkan untuk mengangkat suasana hati Anda. Dasi merah juga lebih banyak menarik para politisi untuk dikenakan dalam segala keadaan.

Namun, harap menjadi perhatian juga, warna merah dapat menyebabkan ketegangan visual. Mengenakannya terlalu banyak, terlalu sering dapat mencap Anda sebagai orang yang bertanggung jawab, tetapi juga sebagai orang yang suka memerintah, cenderung menguasai dan sulit menerima masukan.

2. Oranye

Ini melambangkan  dorongan, optimisme, dan kepercayaan diri , yang menandai ekstrovert . Oranye memancarkan kehangatan dan kebahagiaan, menggabungkan energi fisik dan stimulasi merah dengan keceriaan kuning. Oranye dapat menginspirasi keberanian, antusiasme, peremajaan , dan vitalitas. Ini juga dapat memiliki efek merangsang, terutama pada nafsu makan.

Dalam aplikasi bisnis, oranye memberikan kesan keterjangkauan, tergantung pada pilihan warna dan kombinasinya dengan warna lain. Lebih lembut daripada merah, oranye mewakili lebih banyak energi feminin dan energi penciptaan. Oranye sangat cocok untuk warna bisnis dan sosial.

3. Kuning

Kuning  adalah warna pikiran dan intelektualitas, beresonansi dengan sisi kiri otak yang logis. Warna kreatif , penuh ide-ide baru dan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu. Inilah alasan kenapa  Post-it note dan legal pad diciptakan dengan warna kuning.

Kuning merupakan spektrum paling terang dan termasuk warna primer, kuning membangkitkan semangat dan menawarkan harapan, kebahagiaan, dan kesenangan. Ini adalah warna hangat dan bahagia yang menciptakan rasa keceriaan dan mencerahkan orang banyak.

Namun, terlalu banyak warna kuning dapat menyebabkan kecemasan, kegelisahan, ketakutan, agitasi, dan konfrontasi terutama pada orang yang sudah stres.Warna Kuning juga dapat menunjukkan ketidaksabaran, dan kepengecutan, serta mendorong orang untuk menjadi terlalu kritis, menghakimi, dan menipu.

Hindari berpakaian kuning ketika mencoba mempengaruhi pria. Mereka cenderung melihatnya murah dan tidak canggih. Namun, hal itu menjadi brilian untuk membantu menonjol dari keramaian dan dapat dengan mudah berpadupadan dengan warna moderat untuk menambahkan lebih banyak otoritas seperti biru  atau hijau hutan. 

4. Hijau

Hijau adalah alam , keseimbangan dan pertumbuhan. Itu tenang dan aman, melambangkan harmoni, penyembuhan, dan stabilitas.

Ini juga mewakili keamanan dan kemandirian. Hijau yang lebih gelap berhubungan dengan uang, kekayaan dan prestise, sedangkan hijau yang lebih terang berhubungan dengan kelahiran kembali, pertumbuhan, dan kesegaran .

Namun, warna hijau yang terlalu dominan dapat menyebabkan perasaan iri, keserakahan, kecemburuan, dan egois.

Dalam bisnis, hijau bermanfaat untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan dan penyembuhan dan mempromosikan produk alami, aman, organik, ramah lingkungan. Hijau tua adalah pilihan yang baik untuk uang dan situs keuangan.

Pakailah dengan aman dan untuk keuntungan Anda di tempat kerja, dalam presentasi penjualan, meminta sumbangan dana atau pinjaman. Warna hijau dengan segala variasinya selalu  mengingatkan pada kesehatan, kedamaian dan kelimpahan. Dasi warna teal  (hijau gelap kebiruan) memberi kesan pemakainya mudah bersahabat, humble namun tetap berwibawa.

5. Biru

Biru adalah warna kepercayaan, ketenangan, dan kedamaian . Ini menunjukkan loyalitas dan integritas serta konservatisme.

Merupakan “lawan” warna merah. Biru itu  menenangkan, mengurangi ketegangan dan ketakutan, memperlambat denyut nadi dan mengurangi nafsu makan. Biru juga mengilhami kebijaksanaan dan cita-cita yang lebih tinggi,  tulus, pendiam, dan tenang. 

Karena biru adalah warna yang paling disukai secara universal, ini adalah warna yang paling aman untuk digunakan dalam seragam bisnis dan penerbangan. Hal ini berkaitan dengan kepercayaan, kejujuran, sehingga membantu membangun  loyalitas pelanggan (ketergantungan). Biru bekerja dengan baik untuk dunia usaha dan sering digunakan dalam pertemuan penting. Kenakan saat wawancara, dan bertemu profesional bisnis seperti akuntan, perusahaan asuransi, bankir, dan perusahaan keuangan lainnya dimana kepercayaan dan keandalan penting dan jadi isu utama.

Kelemahan biru dan terutama biru laut adalah bahwa ia dapat tampak dewasa, konservatif, membosankan atau menunjukkan pandangan yang kaku. 

Dasi biru juga menjadi seragam politisi dan sangat mudah untuk mengetahuinya.  Bagus untuk audiens konservatif, bisa divariasikan sedikit dengan setelan biru atau biru tua dan kemeja putih atau biru pucat. 

6. Ungu

Ungu adalah warna imajinasi dan spiritualitas, menginspirasi cita-cita tinggi. Melambangkan sifat kreatif dan individual atau tidak dewasa dan tidak praktis. Ini juga merupakan nada introspektif, memungkinkan kita untuk terhubung dengan pikiran kita yang lebih dalam.

Orang yang tertarik pada warna ungu biasanya sensitif dan penyayang, pengertian dan suportif, memikirkan orang lain sebelum diri mereka sendiri. Mereka akan sering memiliki kualitas damai dan tenang.

Ungu menyiratkan kekayaan, bahkan royalti , serta kualitas, fantasi, dan kreativitas. Nada ini meningkatkan rasa keindahan dan reaksi mereka terhadap ide-ide yang lebih kreatif.

Ini sering digunakan untuk menunjukkan produk berkualitas tinggi atau unggul. Jika Anda berada dalam bisnis jasa, gunakan warna ungu dalam pemasaran Anda untuk mempromosikan layanan premium Anda.
Dasi ungu dan kemeja pastel lembayung muda atau bergaris-garis untuk pria sering kali menjadi pakaian favorit karena melambangkan sikap yang lebih berani dan kreatif. Kenakan dengan percaya diri jika Anda mewakili industri, layanan jasa, atau produk kreatif.

BACA JUGA: CARA MENAKLUKKAN ORANG HINGGA MENURUTI KEMAUAN ANDA

Sekali lagi, warna sering kali dipengaruhi unsur budaya dan kearifan local suatu daerah, unutk itu diperlukan lebih banyak penelitian ilmiah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang psikologi warna, karena konsep ini telah menjadi sangat populer di bidang pemasaran, seni, desain, mode, dan bidang lain yang berupaya menghubungkan warna dan emosi. Meskipun demikian, konsep Psikologi warna diatas adalah konsep umum yang telah dipakai dan terbukti.

By budiwe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *